7 Wirid Majelis At-Tasbih

1. Wirid Tasbih Keluar Dari Masalah Besar
"Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadh-dhaalimiin" (Tiada Tuhan kecuali Engkau ya Allah, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang dhalim) 3x sehari.

Nabi bersabda bahwa ini adalah do'a Dzunnuun (Nabi Yunus) saat beliau berada di perut ikan Paus. Tiada seorangpun yang berdo'a dengannya dalam apapun keperluannya, kata Nabi, kecuali pasti akan Allah ijabah (HR. Tirmidzi, Nasa-i, Hakim, Hakim & Dhiya' dari Sa'ad Bin Abi Waqqash).

Dalam riwayat lain Nabi juga menandaskan bahwa tiada orang yang sedang susah, gundah, sedih & banyak hutang, bila berdo'a dengan do'a di atas 3x sehari, kecuali pasti akan diijabah (HR. Dailami dari Abdurrahman Bin 'Auf)

2. Wirid Tasbih Tanam Pohon Kurma Di Surga
"Subhaanallaahil 'adhiim wa bihamdih" (Maha Suci Allah Yang Maha Agung dan segala puji bagi-Nya).
Nabi bersabda bahwa barangsiapa yang membaca tasbih di atas, maka ditanamkan untuknya satu pohon kurma di surga (HR. Tirmidzi).

3. Wirid Tasbih Raih Bekal Terbaik
"Subhaanallaah wa bihamdih" (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya) 100x sehari.
Nabi bersabda bahwa tiada seorang pun yang membawa bekal lebih baik daripada yang datang di hari kiamat dengan membawa tasbih di atas. Kecuali seseorang yang juga membaca jumlah tasbih yang sama, atau lebih banyak lagi (HR. Muslim).

Nabi juga bersabda bahwa barangsiapa mengamalkan tasbih di atas sebanyak 100x sehari, maka seluruh dosanya akan dihapuskan walau sebanyak buih di lautan (HR. Ahmad, Bukhari, Muslim, Nasa-i & Ibnu Majah).

4. Wirid Tasbih Pemberat Timbangan Akhirat
"Subhaanallaah wa bihamdih subhaanallaahil 'adhiim" (Maha Suci Allah segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

Nabi bersabda bahwa ada dua kalimat yang ringan diucapkan, tapi nanti akan berat di timbangan amal di akherat, dan dua kalimat tersebut juga sangat dicintai oleh Allah Ar-Rahman. Yaitu: Subhaanallaah wa bihamdih subhaanallaahil 'adhiim (HR. Bukhari & Muslim).

5. Wirid Tasbih Pengecil Dunia
"Subhaanallaah walhamdulillaah walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar" (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha Besar).

Nabi bersabda bahwa kalimat di atas lebih beliau cintai dibanding semua yang tersinari oleh matahari atau dunia dan seisinya (HR. Muslim).

Nabi juga bersabda bahwa dalam membaca kalimat di atas, tidak mengapa kita mau mulai dari mana saja/boleh dibolak-balik (HR. Muslim)

Lebih dari itu Nabi juga bersabda: "Perbanyaklah membaca al-baaqiyaat ash-shaalihaat (amalan-amalan yang baik lagi kekal): subhaanallaah walhamdulillaah walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adhiim" (HR. Ahmad, Ibnu, Hibban dan Hakim).

6. Wirid Tasbih Pengundang 1000 Kebaikan & Penghapus 1000 Kesalahan
"Subhaanallaah" (Maha Suci Allah) 100x sehari.

Nabi pernah bertanya kepada para sahabat: "Maukah kalian aku tunjukkan amalan yang bila seseorang mengamalkannya akan dituliskan 1000 kebaikan dan dihapuskan 1000 kesalahannya?". Lalu Nabi menerangkan, yaitu dengan membaca 'Subhaanallaah' sebanyak 100x sehari (HR. Ahmad & Tirmidzi).

7. Wirid Tasbih Peringkas Waktu
"Subhaanallaah 'adada khalqih, subhaanallaah ridhaa nafsih, subhaanallaah zinata 'arsyih, subhaanallaah midaada kalimaatih" (Maha Suci Allah sebanyak makhluk-Nya, Maha Suci Allah sebesar ridha-Nya, Maha Suci Allah seberat singgasana-Nya, Maha Suci Allah sejumlah tulisan kalimat-Nya) 3x sehari.

Nabi bersabda kepada Juwairiyyah Binti Haarits--salah satu istrinya yang kala itu berdzikir dari semenjak bakda shubuh hingga waktu sholat dhuha, bahwa dengan Nabi membaca tasbih di atas cukup 3x di waktu pagi, pahalanya sama dengan istrinya berdzikir lama dari bakda shubuh hingga waktu sholat dhuha (HR. Muslim).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Wirid Majelis At-Tasbih"

Posting Komentar