70 Istri Tak Hamil Satupun

Nabi Sulaiman 'alaihissalam itu istrinya 70. Dari 70 istrinya tersebut beliau berharap lahir generasi penerus yang kelak bisa melanjutkan perjuangan. Namun impian sekedar impian, karena ternyata tak satupun dari 70 istri tersebut hamil.

Apa gerangan penyebabnya? Usut punya usut ternyata Allah memberitahukan bahwa penyebabnya adalah, karena Nabi Sulaiman lupa bilang: "In syaa-Allaah". Karena sadar akan kekeliruannya, akhirnya beliau pun bertaubat (Lihat tafsir surat Shad ayat 34).

Ternyata "in syaa-Allaah" itu sangat penting dan sangat menentukan lancar tidaknya impian kita.
Itulah mengapa dalam surat Al-Kahfi ayat 23 hingga 24 Allah mengingatkan kepada kita agar jangan "terlalu pede" akan melakukan segala sesuatu dan thethek mbengek besok hari, tanpa bilang "In syaa-Allaah".

Mengapa? karena adanya besok pagi, masih hidup dan tidaknya kita besok pagi, masih mampu dan tidaknya kita besok pagi, dan semua hal yang terkait dengan "besok", semua di bawah kendali Allah. Semua di bawah kekuasaan dan kehendak-Nya. Tak ada satupun yang bisa mengatur Allah. Yang ada adalah, kita dan seisi alam semesta ini diatur oleh-Nya.
Maka ketika akhirnya impian-impian kita dipermudah dan terwujud dengan mudah, jangan lupa pula berdo'a: "Maa syaa-Allaah, laa quwwata illaa billaah...Anugerah apapun yang ada, semua atas kehendak Allah, yang tiada kekuatan apapun kecuali semua berasal dari Allah" (QS. Al-Kahfi: 39).

Bila kita sampai lupa membaca do'a tersebut, bukan tidak mungkin nikmat yang ada dihanguskan oleh-Nya (QS. Al-Kahfi: 42). Na'uudzu billaah min dzaalik.

Maka buat siapapun yang ada rencana mau punya anak atau mau nambah anak lagi, mau punya pasangan atau mau nambah istri lagi, dan mau punya-mau punya yang lain, termasuk yang nanti atau besok atau kapan-kapan mau melakukan segala macam kegiatan yang baik, jangan sampai lupa bilang "in syaa-Allaah".
Dan begitupun yang sudah dikabulkan impiannya oleh Allah jangan sampai lupa do'a seperti yang telah tertera di atas.

(Disarikan dari taushiyah UCRS/Ustadz Cinta Restu Sugiharto di Majelis Muslimah Istimewa-Jogja tgl 18/11/16)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "70 Istri Tak Hamil Satupun"