Menjadi Wanita yang Didamba Surga

Jika ingin jadi wanita yang didamba surga, maka jadilah muslimah sejati. Ada setidaknya 8 kiat agar in syaa-Allah menjadi muslimah sejati. Kiat tersebut kita singkat menjadi "MUSLIMAH":

1. M: Manfaat
Nabi bersabda bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling luas kemanfaatannya bagi manusia lain (HR. Bukhari & Muslim).


Begitupun bila ingin menjadi muslimah sejati, maka harus selalu berusaha memperluas kemanfaatannya bagi orang lain.

2. U: Uswah
Dalam surat Al-Ahzab ayat 21 kita diperintahkan untuk meneladani Rasulullah saw. Namun ada satu tugas besar setelah kita meneladani Nabi tersebut, yaitu kita harus menjadi "uswah" atau teladan bagi orang lain. Begitupun bagi wanita yang ingin menjadi muslimah sejati.

3. S: Sigap
Salah satu agar impian dikabulkan Allah, termasuk impian para wanita agar dirindu surga adalah, menjadi pribadi yang sigap. Yakni selalu "yusaari'uuna fil khairaat" atau bersegera dalam menjalankan kebaikan-kebaikan (QS. Al-Anbiyaa': 90)

4: L: Lemah Lembut
Salah satu misi besar dakwah Nabi adalah menyempurnakan akhlak yang mulia (HR. Bukhari & Muslim). Dan di antara akhlak yang sangat mulia bagi wanita agar menjadi muslimah sejati adalah, memiliki sifat lemah lembut.

5. I: Ikhlas
Jadi wanita itu banyak godaannya. Apalagi bila ingin jadi muslimah sejati. Tapi tak usah khawatir akan tergoda manakala bisa menjadi pribadi yang ikhlas. Sebab si Iblis raja penggoda sejak awal sudah takut dengan orang yang ikhlas (QS. Al-Hijr: 40).

6. M: Mawas Diri
Salah satu ciri muslimah sejati adalah, selalu sibuk mawas diri dengan rajin mengoreksi diri. Kata Umar Bin Khattab: "Koreksilah dirimu sebelum di akherat nanti engkau dikoreksi". Maksudnya adalah, siapa yang sibuk mengoreksi diri di dunia, in syaa-Allah di akherat kelak sudah bebas koreksian dari Allah dan langsung bisa memasuki surga yang memang sudah lama mendambanya.

7. A: Amar Ma'ruf Nahi Mungkar
Menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran itu kewajiban tiap muslim dan muslimah. Maka sesiapa yang menyibukkan diri di dalamnya, dijamin termasuk "muflihuun" atau orang-orang yang menang dunia akherat (QS. Ali Imran: 104). Dan salah satu bentuk kemenangan di akherat adalah, berhasil memasuki surga Allah.

8. H: Hiasan Terindah
Dunia ini hanyalah perhiasan. Dan perhiasannya yang terindah adalah wanita sholihah. Demikian sabda Nabi dalam hadits riwayat Bukhori & Muslim. "Hiasan terindah" maksudnya adalah wanita sholihah/muslimah sejati itu menjadi "surga" bagi suami & keluarga tercinta, baik di dunia maupun di akhirat.

Ya Rabb, semoga muslimah-muslimah yang menyimak tulisan ini, dan begitupun para ibu, istri, anak perempuan, dan saudari-saudari siapapun yang menyimak tulisan ini, Engkau jadikan semua menjadi muslimah sejati yang menjadi ahli jannah...

(Disarikan dari taushiyah Uscin di masjid Asy-Syifaa' RSI Fatimah Cilacap tgl 18/12/2016).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjadi Wanita yang Didamba Surga"

Posting Komentar